Program Studi Public Relations
Program Studi S1 Public Relations adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Dian Nusantara Jakarta dengan keterangan sebagai berikut:
PROGRAM STUDI: S1 PUBLIC RELATIONSGelar Lulusan: SIkom. (Sarjana Ilmu Komunikasi)
MASA STUDI DAN BEBAN STUDILulusan SMU/SMK atau yang sederajat– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks
Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar
WAKTU KULIAHWaktu kuliah dapat dipilih yaitu:
Kelas Malam : Senin – Jumat, Jam 18.30 – 21.00 WIB + Hybrid Learning
Kelas Sabtu Pagi : Sabtu, Jam 07.30 – 12.35 WIB + Hybrid Learning
Kelas Sabtu Siang : Sabtu, Jam 15.35 – 21.00 WIB + Hybrid Learning
Kelas Shift: Jadwal Kuliah Fleksibel
PILIHAN KAMPUSMahasiswa bisa memilih kampus di bawah ini:– Kampus Tanjung Duren: Jl. Tanjung Duren Barat I No. 1, Grogol, Jakarta Barat– Kampus Greenville: Jl.Mangga 14, No 3 Kec. Kebon Jeruk Jakarta Barat, 11510– Kampus Cibubur: Jl.Rw Dolar 65, Jatisampurna, Cibubur, Bekasi
BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARANUntuk informasi Biaya Kuliah dan Pendaftaran KLIK DISINI
DESKRIPSI PROGRAM STUDI PUBLIC RELATIONS
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara sebagai lembaga pendidikan tinggi yang lulusannya akan terjun ke masyarakat, maka kurikulumnya dikemas sedemikian rupa agar mampu membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat maupun di dunia kerja atau industri. Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara adalah lulusan yang akan bekerja pada dunia kerja, dunia industri, atau wirausaha, sehingga tidak terlepas dari sistem sosial, sistem perekonomian dan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dalam penyusunan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, selain muatan hard skills juga memasukan muatan soft skills sebagai suatu amanah yang harus terkandung pada kurikulum.
Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan bagian dari Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial yang berdiri sesuai dengan ijin operasional seperti disebutkan di atas, sedangkan efektif mulai beroperasi di Jakarta yaitu pada tahun akademik 2019/2020 dengan proses pembelajarannya menggunakan kurikulum tahun 2019 yang kemudian dilakukan penyempurnaan pada tahun 2020. Penyempurnaan ini dilakukan berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 yang terus digemakan di mana penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu yang perlu diperhatikan di samping pencapaian dari visi, misi, dan sasaran program studi ilmu komunikasi.
Penyempurnaan kurikulum yang dilakukan selain pencapaian di atas, maka seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.
Program Studi Ilmu Komunikasi perlu menyesuaikan terhadap kebijakan tersebut melalui pengembangan kurikulum yakni kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi melaksanakan 2 (dua) kurikulum, yaitu kurikulum secara regular dan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan menuju pada transformasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendikbud nomor 3 tahun 2020, maka pada tahun 2021 telah dilakukan penyesuaian dengan mempertimbangkan karakteristik keilmuan di bidang ilmu komunikasi.
Visi dan Misi
Visi“Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030”
Misi
Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication) yang bermutu, terpercaya dan profesional.
Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan secara berkesinambungan dalam bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication).
Menyediakan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran berbasis teknologi terkini yang tepat guna melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
Menerapkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien melalui lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
Membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang komunikasi.
Tujuan Program Studi
Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi bidang komunikasi, baik di tingkat nasional maupun global;
Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang komunikasi dalam skala nasional maupun global;
Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang komunikasi dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri, dan berkelanjutan;
Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance
KOMPETENSI LULUSAN
Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki kompetensi mengimplementasikan konsep, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media serta mengembangkan kemampuan manajerial strategis serta kreatif media untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat; memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang komunikasi massa secara umum, bidang kebijakan regulasi media secara khusus dan mampu menghasilkan kebijakan regulasi media secara internal maupun eksternal yang selaras dengan kepentingan sosial, ekonomi, politik, kultural yang berlaku.
Konsentrasi Hubungan Masyarakat/Humas (Public Relations / PR)
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi; memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi; membawa individu ataupun organisasi menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan; secara internal organisasi menjadi pusat informasi organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman; secara eksternal organisasi menjadi manager komunikasi dalam menghadapi pers dan masyarakat; dan membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya. Juga memiliki kemampuan menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management; mampu menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia
Konsentrasi Periklanan (Advertising)
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran; merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan; menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan; menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dsb.
Konsentrasi Penyiaran (Broadcasting)
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk siaran; memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi; mampu menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah kepenyiaran; mampu mengolah bahan berita, dan menyajikannya di media massa cetak dan elektronik; memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang kepenyiaran yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.
Konsentrasi Jurnalistik
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan dan dipublikasikan pada surat kabar, majalah, dan media massa lainnya; memiliki kemampuan untuk membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita; serta dibekali dengan pemahaman bahwa dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas).
PROFESI LULUSAN
Sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja dan berkarir di semua jenis perusahaan (lokal, nasional/regional, maupun multinasional), semua lembaga pemerintah dan non pemerintah termasuk LSM, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), semua departemen, lembaga keuangan, lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah), media penyiaran, media periklanan, industri pertelevisian, perfilman, rumah produksi (production house), industri media cetak (koran, tabloid, majalah), media elektronik (TV, radio, internet) sebagai tenaga profesional, praktisi dan konsultan PR/Humas, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, sebagai media planner, account executive, art/creative director, copywriter, presenter, television broadcaster, radio broadcaster, producer, professional master of ceremony, MC Professional, jurnalis, reporter, wartawan, peneliti, anggota DPR / DPRD, akademisi/dosen, pemimpin/manajer, pengamat komunikasi publik, pengamat komunikasi politik, pengamat media, pemerintah dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat, koresponden, pengamat humas pemerintah, dsb.
Menjadi dosen/pengajar/peneliti bidang ilmu komunikasi di PTN/PTS atau pusat-pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat), atau peneliti di Lembaha-lembaga Riset, Rating, Survei.
Setiap orang memang mempunyai hak untuk daftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, untuk lulusan Budidaya Perikanan juga bisa melamar kerja sebagai PNS dan yang paling sesuai adalah melamar ke instansi pemerintahan seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Balai Penelitian Kelautan, Dinas Perikanan Daerah, dan lain sebagainya.
Berwiraswasta (Entreprenuer) dengan mendirikan perusahaan periklanan, perusahaan media massa, perusahaan penyiaran, media periklanan, media penyiaran, media cetak (koran, tabloid, majalah, media elektronik (TV, radio, internet), konsultan hubungan masyarakat, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, dsb.
KURIKULUM
Kurikulum Program Ilmu Komunikasi
Semester 1
Bahasa Indonesia Indonesian Language
Pancasila Pancasila (National Ideology)
Pengantar ilmu komunikasi Introduction to communication studies
Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
Komunikasi Organisasi Communication Of Organization
Teori Komunikasi Communication Theory
Dasar-Dasar Manajemen & Kepemimpinan Principles Of Management And Leadership
Semester 2
Pendidikan Karakter Character Building
Kewirausahaan I Entrepreneurship I
Komunikasi Massa Mass Communication
Sosiologi Komunikasi Sociology Of Communication
Psikologi Komunikasi Psychology Of Communication
Komunikasi Kreatif Creative Communication
Manajemen Media Massa Mess Media Management
Semester 3
Pendidikan agama
Bahasa Inggris I English I
Statistika Sosial* Social Statistics
Komunikasi Lintas Budaya Intercultural Communication
Metode Penelitian Kualitatif Research Method Qualitative
Kewirausahaan II* Entrepreneurship II
Dasar-Dasar Logika Principles Of Logics
Semester 4
Kewarganegaraan Citizenship
Metode Penelitian Kuantitatif Research Method Quantitative
New Media Convergence New Media Convergence
Komunikasi Global Global Communication
Creative Art Creative Art
Riset Komunikasi Communication Research
Human Relations Human Relations
Semester 5
Sinematografi (M)* Cinematography
Dasar-Dasar Fotografi(M)* Basic Of Photography
Digital Editing(M)* Digital Editing
Integrated Marketing Communication(M) Integrated Marketing Communication
Public Speaking(M)* Public Speaking
Komunikasi Multimedia(M) Multimedia Communications
Copywriting(M) Copywriting
Semester 6
Produksi Media Cetak PR Printer Public Relations Media Production
Issue And Crisis Management Issue And Crisis Management
Professional Image Professional Image
Bahasa Inggris II English II (TOEFL)
Media Relations Dan Digital Monitor Media Relations And Digital Media Monitoring
Stakeholder Relations Stakeholder Relations
Corporate Reputation Management Corporate Reputation Management
Semester 7
Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
PR Management Public Relations Management
Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Marketing Komunikasi (Marketing Communication)
Semester 6
Produksi Iklan Cetak Dan Luar Ruang* Printed And Outdoor Advertising Production
Media Planning And Buying Advance Media Planning And Buying Advance
Account Manajemen Account Management
Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
Creative Art Creative Art
Produksi Iklan Audio Visual Audio Visual Advertising Production
Digital Marketing Communications Digital Marketing Communications
Advertising Project Management Advertising Project Management
Semester 7
Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
Account Manajemen Account Management
PR Management Public Relations Management
Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
Tugas Akhir Final Project
Kerja Praktek Internship
Penyiaran (Broadcasting)
Semester 6
News Cast And Announcer News Cast And Announcer
Penulisan Naskah Berita TV* Printed News Television
Dasar-Dasar Penyiaran Principles Of Broadcasting
Feature Dan Documenter TV Feature And Documentary Television
Etika Penyiaran Broadcasting Ethic
Keproduseran dan Program Keproduseran dan Program
Penulisan Naskah Non Berita TV Penulisan Naskah Non Berita TV
Semester 7
Produksi Radio* Radio Production
Sistem Studio Studio System
Produksi TV Production TV
Produksi Berita TV* Production News TV
Indonesia Media Sistem Indonesia Media Sistem
Creative Program Creative Program
Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
Tugas Akhir Final Project
Kerja Praktek Internship
FASILITAS
Fasilitas kampus didukung berbagai sarana lain diantaranya:
– Lab Komputer– Auditorium– Poliklinik– Ruang Kelas– Ruang Radio– Perpustakaan
Lihat selengkapnya